Monday, March 30, 2015

Ilmu Sosial Dasar 1

Ok Bloggers !, ketemu lagi bareng saya, Tri Juhari, seorang mahasiswa Teknik Informatika tingkat 1 di Universitas Gunadarma. Kali ini kita akan membahas  Apasih  Ilmu Sosial Dasar itu ? , Apa  tujuan dari ISD itu ?


Jadi  sumber dari semua ilmu pengetahuan itu adalah filsafat, dan filsafat itu sendiri melahirkan  3 cabang spesialisasi  ilmu pengetahuan itu sendiri :

  1.  Natural science , seperti  ilmu yang membahas tentang alam , ( fisika , biologi, kimia , dsb.)
  2. Social science
  3. Humanities ( ilmu- ilmu budaya )
ISD itu sendiri  masuk pada salah satu cabangnya.
Latar belakang dari ISD itu sendiri  di khususkan untuk perguruan tinggi. Awalnya si dulu banyaknya kritik dari para cendikiawan dalam negeri, mereka mengklaim bahwa   sistem pendidikan di perguruan tinggi masih kental dengan bau bau kolonial, dan juga  lulusan dari perguruan tinggi itu di harapkan  tidak hanya memiliki kemampuan akademik saja , melainkan  kemapuan personality and profesionalism.

 Kemampuan personal itu sendiri  adalah kemampuan dari dalam diri kita , yang  diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribafian Indonesia, serta memiliki pandangan luas dengan pekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan Kempampuan profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, dan diharapkan memiliki pengetahuan serta ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

Untuk pengertian Ilmu sosial dasar itu merupakan  ilmu yang  mengkaji tentang masalah masalah sosial yang timbul dan berkembang di dalam masyarakat khususnya masyarakat indonesia dengan cara menggunakan fakta- fakta , teori , dan konsep  yang berasal dari berbagai bidang pengettahuan  dan keahlian ilmu  sosial (Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial, dan Sejarah).

Tujuan dari ISD itu sendiri juga  sebagai usaha  yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan umum  dan dasar tentang konsep konsep yang dikembangkan   untuk memahami gejala gejala  agar daya tanggap, perserpsi, penalaran  dalam memahami masalah sosial dapat ditingkatkan sehingga kepekaan  kita dalam lingkungan sosial dapat lebih peka dan juga membantu agar memperoleh wawasan yang lebih luas.

 Perlu diketahui juga ISD itu bukan  merupakan gabungan dari ilmu sosial yang di padukan karena masing masing disiplin ilmu memiliki objek  dan  metode ilmiahnya  sendiri.

 ISD sendiri memiliki Ruang Lingkup Pembahasan yaitu :

a. Adanya berbagai aspek pada kenyataan-kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah sosial.

b. Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola pemikiran dan pola tingkah laku sendiri.

Dalam perkembangannya juga, ilmu sosial melahirkan paham studi sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah matapelajaran sosial. Yang termasuk dalam pelajaran IPS yaitu geografi, sejarah, ekonomi,sosiologi, antropologi dll.
 Untuk persamaan dan perbedaannya itu sendiri bisa  di liha di tabe, di bawah ini.








source :

IILMU SOSIAL DASAR,  Drs. H. Abu Ahmadi journal ISD


Bagikan

Jangan lewatkan

Ilmu Sosial Dasar 1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai