Friday, March 25, 2016

Masa Depan Teknologi Internet

Heloo, ketemu lagi bareng si blogger Ganteng, sekarang gue mau ngomongin tentang teknologi nih geeknesia, Ok silahkan disimak ya guys

 Zaman sekarang  tak ada yang tak kenal dengan kata internet, semua kalangan pasti mengetahui internet, baik  orang orang dewasa hingga anak anak  kecil. Internet sudah seperti kebutuhan primer yang bisa disandingan dengan  nasi,  Orang orang indonesia sudah  seperti tidak bisa hidup tanpa internet. Sayapun menyadari bahwasanya saya  memang bener bener butuh internet karena Internet seperti benang-benang maya yang menghu- bungkan satu orang dengan orang lain, meneruskan data dan menyampaikan data dari satu titik ke titik lain. Kehadiran internet di tengah-tengah peradaban manusia, telah mengubah banyak aspek dalam pola laku manusia, baik dalam berinteraksi, berkomu- nikasi, bersosial dan berbudaya. Internet mengubah dunia. 
internet
internet




Berkembangnya  Internetpun   sekarang internet tidak hanya kita jumpai dalam  sebuah lapto[p atau smartphone. Di era sekarang Internet  berpotensi terhubung dengan benda benda lainnya. Benda benda yang sebelumnya  diam dapet bergerak, konsep inilah yang dinamakan INTERNET OF THINGS. Sama seperti kehadiran internet yang telah mengubah wajah dunia, kehadiran  Internet of Things pun dapat melampau pencapaian internet. Internet of Things memperluas jangkauan konektivitas dari internet. Namun, seperti apakah sebenarnya konsep Internet of Things, mengapa hal itu bisa terjadi dan seberapa besar potensinya?.

Saat ini juga sudah banyak sekali perusahan perusahan besar yang sudah menggarap dan mengembangkan internet of thing ini seperti halnya Intel, Microsoft, Google, Samsung, Apple dan lain sebagainya. Di negara-negara maju di Eropa, Internet of Things sudah banyak digunakan      sebagai solusi atas permasalahan yang ada. China bahkan berkomitmen akan menganggarkan $603 milyar hingga tahun 2020 untuk memaksimalkan Internet of Things di negaranya.
Statistik penggunaan IoT  2020 


 Internet of thing ini merupakan  jaringan dari benda-benda yang saling terhubung satu sama lain melalui internet, dan berkomunikasi secara mandiri tanpa campur  tangan manusia. Mengapa tanpa campur tangan Manusia ?  karena di satu sisi banyak sekali kejadian kejadian yang  sangat berguna jika kita amati di lain sisi juga  manusia memiliki keterbatasan dalam  mengamati banyak hal yang mesti diamati.

Oleh karena itu dengan adanya internet of things dia  mengcover kekurangnnya dari manusia tersebut, malahan dengan  adanya IoT sendiri  mampu mendapatkan hasil data secara real time.

Jadi secara gampangnya  kalau  dicontohkan , biasanyakan orang orang indonesia gampang dikasih contoh misalnya 

ketika kita bangun tidur di rumah kita. Dengan Internet of Things kita bisa membuat mesin pembuat kopi dan pemanggang  roti bekerja otomatis untuk kita. Bahkan jika perlu  ketika kita bangun tidur jendela langsung terbuka otomatis dan televisi langsung menyala.

contoh lainnya 


Saat kita berangkat kerja dan kebetulan kita lupa apakah telah mengunci pintu rumah kita atau be- lum, dengan Internet of Things, kita bisa lakukan itu dari jarak jauh, cukup dengan bantuan smartphone misalnya. 


Misalnya ada seorang teman yang berkunjung ke rumah kita dan menekan tombol bel rumah kita, na- mun kebetulan kita sedang tidak ada di rumah. Dengan bantuan IoT kita bisa membuat ketika bel rumah kita ditekan, maka otomatis kamera di pintu rumah kita memotret wajah orang yang menekan bel kemudian mengirimkan informasi ke smartphone kita bahwa kita kedatangan tamu dan dikirimkan ju- ga foto tamunya. Dengan demikian kita bisa lang- sung tahu bahwa ada tamu di rumah kita, bahkan kita bisa langsung mengabari tamunya jika kebetu- lan kita kenal dan memintanya untuk menunggu. Dengan IoT, kita bisa membuat rumah kita menjadi lebih smart.

Dan bagaimana  perkembangan Internet of Thing di indonesia ?
Kita bahas di  postingan selanjutnya, see u next time

Sumber :
Codepolitan Magazine Edisi 19 maret 2016




Bagikan

Jangan lewatkan

Masa Depan Teknologi Internet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.