Thursday, June 2, 2016

Smart Chicken Cage

Hallo, Kembali lagi dengan saya si blogger unyu.

Kemajuan teknologi benar benar sangat membantu sekali di berbagai sektor baik dipertanian , peternakan, maupun disektor lainnya. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, semua aktivitas dapat dilakukan menggunakan sebuah teknologi . Adanya Internetpun membuat semuanya menjadi mudah. Berkembangnya internet tidak hanya kita jumpai dalam  sebuah laptop atau smartphone. Di era sekarang Internet berpotensi terhubung dengan benda benda lainnya. Benda benda yang sebelumnya  diam dapet bergerak, konsep inilah yang dinamakan INTERNET OF THINGS. Sama seperti kehadiran internet yang telah mengubah wajah dunia, kehadiran  Internet of Things pun dapat melampau pencapaian internet. Internet of Things memperluas jangkauan konektivitas dari internet. Pada kesempatan kali inipun saya ingin mengeluarkan ide ide atau gaagasan saya   terhadap peranan IOT pada bidang Farming hususnya pada  Smart Chicken Cage. Smart Chicken Cage Ini  adalah sebuah inovasi  dalam bidang peternakan ayam dimana sebuah kandang ayam bisa kita monitor dengan jarak jauh menggunakan koneksi internet.  

Smart Chicken Cage

Smart Chicken Cage

Seperti pacar ide kadang tiba tiba muncul disaat kondisi apapun dan menghilang  dengan cepatnya  di saat kondisi apapun juga, Ide ini muncul saat saya sedang meembaca artikel artikel tentang IOT, dimana mungkin ide ini bisa bermanfaat untuk para peternak ayam di indonesia. Berawal dari sebuah problem  problem dalam berternak saya mencoba menganalisis  peranan IOT terhadap bidang peternakan ayam. Karena IOT sistemnya menginternetkan benda benda mati bisa  berfungsi  dengan baik, jadi saya mencoba memcahkan masalah masalah itu.



Smart Chicken Cage
Smart Chicken Cage 




Masalah masalah dalam bidang peternakan ayam yang bisa diimplementasikan ke dalam IOT seperti :
  • Lampu pada kandang ayam
Lampu pada kandang ayam ini benar benar sangat dibutuhkan untuk membuat kandang ayam tetap hangat terhindar dari sebuah kelembapan . Karena  dengan   penerangan yang cukup membantu ayam  dalam pembentukan telur yang baik.Masalahnya itu  pada peternaknya, kadang peternak harus bolak balik ke kandang untu menyalakan lampu pada kandang ayam itu, bagaimana kalau peternak itu sedang sakit ? so pasti lampu kandang ayam tidak ada yang menyalakan atau mematikan saat hari siang.

  •  Pengatur Suhu kelembapan Kandang
Pengatur suhu kelembapan pun sangat berkaitan, tidak hanya lampu bolham yang menjaga suhu tubuh ayam,  suhu kandangpun sangat berkaitan, jadi antara lampu dan suhu kandang saling berkaitan.
Smart Chicken Cage
Suhu Ideal untuk kandang ayam| image source :http://www.anakayam.co/


Smart Chicken Cage
Perbandingan suhu dan kelembapan|image source :http://www.anakayam.co/

  • Pemberian Pakan 
Pemberian pakan ayam sendiri  harus dilakukan secara ideal mungkin, agar pakan yang diberikan pada ayam  itu efisien untuk dikonversi menjadi telur atau daging.Pemberian pakan dalam jumlah kecil dengan frekuensi lebih sering akan menyebabkan pakan selalu tersedia dalam kodisi relatif segar. Kondisi tersebut akan merangsang ayam untuk terus-menerus mengonsumsi pakan. Hanya saja masalahnya itu pada si peternak itu sendiri, kadang suka lalai lupa memberi makan, atau langsung  memberikan pakan dengan jumlah banyak namun frekuensinya  itu jarang.

  • Kotoran Ayam
Masalah satu ini memang sangat merepotkan sekali, kotoran ayam yang menumpuk membuat ayam akan mudah terjangkit penyakit selain itu dengan bau  kotoran ayam membuat  kandang  ayam terlihat tidak sehat, sehingga  si peternak harus selalu melihat ke kandang secara periodik untuk melihat kotoran ayam itu apakah sudah menumpuk dan berbau.


 Keempat masalah di atas  yang sering kita jumpai  di  sebuah peternakan ayam, ke empat masalah ini bisa kita selesaikan pemecahannya menggunakan sebuah teknologi IOT ini.

  • Lampu pada kandang ayam otomatis
Disini saya inggin memaparkan sebuah  konsep IOT  untuk  menswitch on atau off kan lampu pada kandang ayam dengan otomatis . menggunakan sensor  cahaya seperti lampu lampu di jalan raya. Cara kerjanya  itu sensor cahaya akan mendeteksi saat  cahaya di lingkungan kandang sedang terang, ( saat siang hari  teriknya matahari ) maka lampu akan otomatis mati sedangkan apabila  saat lingkungan sudah gelap menandakan hari mulai malam maka lampu akan menyala secara otomatis.

Smart Chicken Cage
Cara Kerja Sensor cahaya





  • Pengatur Suhu Kelembapan Kandang ( Penghangat Kandang) Otomatis 
Untuk penghangat kandang,  akan bekerja  apabila suhu lingkungan belum optimal, maka penghangat kandang akan  mulai bekerja dan sekiranya apabila suhu sudah optimal  penghangat kandang akan berhenti bekerja. Selain itu karena penghangatnya menggunakan  sumber gas,  disini juga kita bisa memonitoring  berat gasnya,  alat ini juga berkerja  apabila  gas ini akan habis akan ada suatu notificationnya, nah notification ini muncul akibat sensor suhu menangkap  suhu yang di hasilkan oleh pemanas sudah tidak optimal lagi so pasti ini menandakan  gasnya sudah mulai habis. Untuk suhu ruanganpun dapat dimonitoring menggunakan smartphone kita.

Smart Chicken Cage
Ilustrasi bagaimana sensor suhu bekerja untuk menyalakan penghangat 


  • Pemberian pakan otomatis
Pada pemberian pakan ayam ini juga  dilakukan secara otomatis, indikatornya itu berat pakan per harinya, atau  banyaknya gram pakan ayam perharinya.  pada pemberian pakan ayam otomatis ini menggunakan  sensor berat atau yang disebut  Load sensor,  selain menggunakan sensor berat, pada pemberian pakan otomatis menggunakan servo motor. Untuk cara kerja  pemberian  pakan otomatis,  jadi pada wadah pakannya terdapat sebuah sensor berat yang mana saat  wadah pakan  sedang dalam kondisi kosong yang berarti sensor berat menunjukan nilai yang kecil sehingga mendorong  servo motor untuk bekerja dengan   menggerakan servo motor  dari 90 derajat  ke 180 derajat kembali ke nol. Pada pemberian pakan otomatis ini juga saat pakan mlai habis akan termonitoring juga pada smartphone kita, akan ada  notificationnya.

Smart Chicken Cage
Cara kerja pakan ayam otomatis


Smart Chicken Cage
Ilustrasi Cara kerja pakan ayam otomatis

  •  Sensor untuk kotoran ayam
Kotoran ayam sangat berdampak sekali pada  kesehatan si ayam itu sendiri, kotoran ayam bisa menyebabkan  ayam itu sakit, jadi untuk mengetahui  kotoran ayam itu sudah atau belum menumpuknya berdasarkan  baunya, nah, jadi untuk mendeteksinya menggunakan sensor bau atau sensor gas ammonia, apabila  sensor gas menunjukan nilai % yang besar berarti kandang ayam sedang berada dalam kondisi  dengan kotoran ayam yang menumpuk  dan sebaliknya apabila   sensor menunjukan nilai % kecil  berarti  kotoran ayam belum menumpuk. Dengan adanya sensor gas ini kita bisa memonitoring  jarak jauh

memonitoring  kotoran ayam menggunakn sensor gas by smartphone


Smart Chicken Cage
Ilustrasi monitoring   kotoran ayam by smartphone  


***

Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat
----------------------------------------------------------------
----------------------------
-----------
***

Reference :

http://www.anakayam.co/2015/07/suhu-kandang-untuk-anak-ayam.html
http://blogternakayam.blogspot.co.id/2014/10/pemeliharaan-ayam-kampung-masa-awal.html
http://geeknesia.com/projects/lampu-taman-otomatis-menggunakan-ldr
http://geeknesia.com/projects/lampu-taman-otomatis-menggunakan-ldr
https://www.dicoding.com/challenges/79



Bagikan

Jangan lewatkan

Smart Chicken Cage
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 comments

itu cuman pada penerangan pada lampu ayam aja kan? itu kotoran ayamnya bisa dibuat untuk daur ulang atau semacam bahan baku listrik pengganti batu bara? kalo iya , bisa menghemat listrik juga ya kak semoga membantu

bw balik dong kak, copas linkmya http://nennamsulistyaa.blogspot.co.id/2016/06/hanya-sebuah-bayangan.html makasih ^_^

Balas

wih gokil, kemajuan teknologi emang edan. dibidang peternakan pun jadi lebih mudah. ilustrasi gambar bergeraknya keren! jadi untuk menghangatkan kandang dengan lampu ada bantuan matahari juga gitu ya..

Balas

iyaa, iyaa inilah teknologi yang memag sedang baru namanya IOT (Internet Of things), hohoho, terimakasih :), thanks for visiting my blog

Balas

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.