Wednesday, September 28, 2016

Indramayu Kota Wisata Dan Berbudaya Yang Tersembunyi


Indramayu, sebuah kota/kabupaten yang berada di pesisir Pantai Utara. Kota ini termasuk bagian dari provinsi Jawa Barat. Kota Indramayu merupakan kota yang terkenal dengan sebutan Kota Mangga.

Tugu mangga di pusat kota
| img src :deddydoank79.blogspot.com|edited by juhariblog
Di indramayu banyak sekali pohon pohon buah mangga dan buah mangganya pun beragam. Indramayu kota yang menyimpan banyak kenangan bagi saya. Kota/ kabupaten indramayu pun merupakan daerah dimana saya lahir, lebih tepatnya di kecamatan haurgeulis, kabupaten indramayu. Mungkin kota indramayu tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat, kadang ada temen juga suka nanya, indramayu tuh dimana sih ?. Baru dengar. Setelah dijelaskan akhirnya merekapun tahu. Indramayu itu berbatasan langsung dengan kabupaten cirebon dan kabupaten subang.

maps indramayu | by juhariblog
Dan tidak lupa juga Penduduk di Kabupaten Indramayu merupakan campuran antara suku Sunda dan Jawa, sehingga budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi ekspresi masyarakat setempat dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda sehingga bentuk kebudayaannya merupakan merupakan akulturasi dari kedua kebudayaan tersebut.

Untuk informasi tambahan Indramayu itu merupakan daerah lumbung padi nasional. Keren kan. Selain sebagai daerah penghasilan padi, untuk sektor kelautannya pun tidak terlalu kalah. Banyak juga pasar pasar hasil lautnya. Indramayu juga terkenal dengan adanya kilang minyak yang berada di daerah balongan.

Indramayu Kota Wisata Dan Berbudaya

indramayu map
indramayu map
edited by juhariblog
Setelah ditelusuri, ternyata  kota Indramayu,kota kelahiran saya ini banyak sekali menyimpan berbagai kebudayaan dan kesenian. Selain itu untuk urusan wisatanya pun tidak kalah dengan wisata unggulan yang ada di indonesia, karena di Indramayu menyimpan sebuah tempat wisata yang benar benar masih perawan dan benar benar bagus sekali. Pasti penasarankan kalian. Banyak sekali teman teman yang menyarankan saya untuk berwisata ke tempat tempat yang lagi nge hitz di Indramayu.

Sekarangpun mulai banyak wisatawan yang mulai berkunjung ke kota/kabupaten Indramayu  sekedar untuk melakukan wisata. Salah satu tempat wisatanya yang terkenal itu adalah Pulau Biawak.

pulau biawak
Keindahan Pulau biawak
img src: solusiuanganda.blogspot.com | edited by juhariblog
Pulau Biawak sudah terkenal dimana mana. Temen saya yang berada di jakartapun mengajak untuk pergi berlibur ke pulau yang  berada di utara pulau jawa. Pulau ini seperti pulau komodo yang menjadi 7 Wonders In The World, bedanya kalau pulau komodo di huni oleh satwa komodo sedangkan pulau biawak itu dihuni oleh biawak biawak. Jika kalian ke pulau biawak kalian akan disuguhkan keindahan terumbu karang , taman laut, ikan ikan hiasnya. Untuk yang hobby melakukan senorkling, pulau biawak menjadi pilihan yang tepat.

Terumbu karang di pulau biawak
Terumbu karang di pulau biawak
img src: okezone.com/Dede Kurniawan | edited by juhariblog




Selain terkenal karena wisata alamnya, kota indramayu pun terkenal dengan wisata agro, wisata ziarah, wisata rohani dan wisata kuliner. Untuk wisata agronya, indramayu terkenal dengan minyak kayu putih. Tahukan kalian minyak kayu putih yang biasa digunakan kalau lagi pusing atau mual. Di indramayu terdapat pemeliharahaanya sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih, tempatnya itu berada di di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring.

Untuk wisata ziarah , banyak sekali situs makam makam makam pendiri dari kota indramayu seperti Situs Makam Raden Arya Wiralodra, Situs Makam selawe dan Situs Makam buyut tambi.

Tidak lupa dengan wisata rohaninya. Di indramayu berdiri pesantren modern dengan bangunan kokoh yang megah dan besar tempat menimba ilmu agama. Tempat itu bernama Ma’had Al Zaytun. Ma’had Al Zaytun meupakan pesantren modern termegah di asia tenggara.

Pesantren Mahad Al-zaytun
Pesantren Ma'had Al-zaytun
img src: kompasiana.com | edited by juhariblog
Luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Indramayu tidak perlu risau dan takut tidak adanya penginapan atau hotel. Sekarang sudah banyak tempat tempat penginapan dan hotel hotel dari yang mahal hingga yang murah.

Selain itu masyarakat di indramayu pun  mempunyai sifat yang ramah- ramah dan menjadikan banyak orang yang pernah berkunjung  selalu ingat dan rindu dengan kota indramayu.

Wisata kuliner yang sangat banyak jenis makanan khasnya juga banyak dijajakkan diberbagai tempat dikota indramayu, dari makanan kecil sampai makanan yang ingin dibawa untuk buah tanganpun banyak dijajakkan diberbagai tempat dikota indramayu dan harganyapun cukup terjangkau.

pedesan entog khas indramayu
Pedesan entog khas indramayu
img src: masukdapur.blogdetik.com | edited by juhariblog


Wisata kuliner di indramayu terkenal akan cita rasanya meskipun hampir sama dengan kuliner Cirebon seperti Pedesan Entog , Soto, Burbacek (Bubur Rumbah Cecek), Rumbah, Koci ,Nagasari, Nasi Lengko, Dodol Mangga, Kripik Mangga, dan sebagainya.

makanan khas indramayu
Makanan khas indramayu
img src: wilayahtigacirebon.blogspot.com | edited by juhariblog
Karena masyarakat di Indramayu dipengauhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda, banyak sekali budaya  yang terbentuk karena akultursi dua kebudayaan seperti acara adat Nadran.

Acara Nadran ini berupa ungkapan rasa sukur akan hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil di masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di laut.Biasanya acara adat ini dilaksanakan di daerah daerah dekat pantai. Dan acaranya biasa di selenggarakan antara bulan oktober hingga desember.

pesta rakyat nadran
Pesta rakyat nadran
img src: http://kknm.unpad.ac.id/ | edited by juhariblog
Selain Nadran ada juga upacara adat yang bernama NgarotNgarot ini dilaksanakan agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah dan upacara adat ini dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana pesertanya adalah para muda- mudi dengan kostum yang khas dan aksesoris yang gemerlap.

upacara adat ngarot di kecamatan lelea
Upacara adat ngarot di kecamatan lelea
img src: http://www.pikiran-rakyat.com/| edited by juhariblog
Selain kedua ini, Ngarot dan Nadran, masih ada banyak lagi acara acara adat seperti :
  • Jaringan
  • Ngunjung
  • Mapag Tamba
  • Mapag Sri
  • Sedekah Bumi
Selain menyimpan banyaknya kebudayaan, Kota indramayu pun menyimpan kesenian kesenian tradisional yang sudah dikenal dimana mana. Salah satunya ada Tari Topeng Dermayon. Tari topeng ini memiliki komposisi gerak tari yang khas dan dengan kostum topeng yang berciri spesifik yang membedakan dengan tari topeng dengan daerah lain. tari topeng dermayon ini telah mendapat apresiasi yang tinggi dengan di milikinya moestro tari topeng di Indramayu yaitu ibu Rasinah.

tari topeng dermayon
Tari topeng dermayon
img src: http://www.pikiran-rakyat.com/| edited by juhariblog
Ada juga kesenian Wayang Golek Cepak. Wayang golek cepak ini merupakan bagian dari wayang purwa. Yang membedakan wayang ini dengan lainnya adalah lakon dan alur cerita, bentuk dan rupa tokohnya tidak di ambil dari pakem pawayangan.

wayang golek cepak
Wayang golek cepak
img src: http://kratonpedia.com//| edited by juhariblog
Dan masih banyak lagi kesenian kesenian asli indramayu, seperti :
  • Tarling
  • Genjring Akrobat
  • Sintren atau Lais
  • Kuda Lumping
  • Berokan
Dengan banyaknya kebuadayan dan kesenian , tidak aneh kalau banyak orang yang menjuluki indramayu dengan kota budaya.

Sekian postingan Indramayu kota Wisata dan Berbudaya. Postingan ini merupakan untuk mengikuti perlombaan blog dengan TEMA : Indramayu Kota Budaya yang diselenggarakan OLEH : Komunitas Blogger Indramayu bekerjasama dengan PEMDA Kabupaten indramayu dan Smartfren. Terimakasih

----------------------------------------------------------------
------------------------------------------
-----------------------
**
Referensi :

Bagikan

Jangan lewatkan

Indramayu Kota Wisata Dan Berbudaya Yang Tersembunyi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.