Friday, October 2, 2015

Habis Gagal Terbitlah Sukses


 Pasti kalian pernah dong ngerasain kegagalan , gue si udah kebal sama kata kata gagal , wong hidup gue gagal  mulu, hehehe  becanda.


Tepatnya setahun yang lalu gue gagal dari semua test masuk perguruan  tinggi negeri, di mulai dari SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) pake nilai akdemik semasa di SMA / SMK/MA , SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pake tes , dan yang lainnya.

 Dimulai dari SNMPTN gue nyoba pilihan pertama UGM jogja jurusannya ilmu komputer , karena gue emang pengen banget masuk  komputer. Nilai rapot gue lumayan bagus, gue UN masuk rangking ke2 seangkatan, pernah juara lomba tentang IT juga. Gue  pun optimis, tapi  ketika pengumuman gue ditolak , sedih sih , tapi gue enggak larut dalam kesedihan itu, gue bertekad di SBMPTN gue bisa masuk PTN.

 Hari hari  Road To SBMPTN gue   selalu ikut kelas di bimbingan belajar, dari pagi hingga malem , gue rajin konsultasi sama pengajar, tiap hari seperti  itu hingga tiba waktunya SBMPTN, di mulai masuk kelas , pengawas masuk  terus ngerjain soal, nah saat ngerjain soal itu, tiba otak gue blank, ibaratnya klau komputer  mah blue screen , gue bingung buat ngerjain, alhasil, gue kerjain yang sebisanya. Selesai juga, nah untuk pengumumannya itu gue harus nunggu sebulan,  pas banget pengumuman itu pas sedang bulan puasa, gue berdoa terus, dari solat malam , sampe solat duha , gue kerjain,  solat lima waktu gue tepat waktu terus. Sebulan sudah berlalu , dan ini sat waktu yang menegangkan sekali, pengumuman SBMPTN,jam 5 pengumumannya, saat saat mau buka puasa, gue si emang udah ngerencanain bukanya nanti aja abi solat malem, dan juga klau lo buka pas jam 5 , servernya pasti down. Lo  tau sendiri yang ikut SBMPTN ada berapa ratus juta orang, dari sabang sampe merauke. Guepun bangun malem jam 3an , lalu solat malam,  gue baca bismillah dulu dan didalam hati guepun  terus berdoa , jreng jreng  gue dapet tanda merah , kaya  SNMPTN , Guepun gagal lagi di test SBMPTN.

Tapi gue masi  belum menyerah gue ikut juga test sekolah ikatan dinas kayak STIS ( Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ) sama STAN ( Sekolah Tinggi Akutansi Negara). Untuk STIS   gue  agak kurang yakin  saat ngerjain soalnya padahal guepun udaah belajar mati matian  memahami soalnya, soalnya si cuman ada soal Matematika sama b.inggris ,  tapi alhasil guepun gagal lagi, guepun makin kebal , gue enggak sedih lagi,

Sehabis itu gue  masih belum nyerah ikutlah gue test SIMAK UI, ini yang paling greget , soalnya susah banget men , ada kejadian  peserta ujian malah tidur , mungkin karena efek soal susah banget, jadi mendingan tidur aja, daripada pusing, saat SIMAKpun gue masih berharap buat lolos meskipun persentasenya kecil, pengumuman pun tiba, “maaf anda gagal”, hahaha , gue gagal lagi. pupus sudah  harapan gue   jadi mahasiswa the yellow jacket.

  Gue masih belum nyerah nyerah juga , emang ya kalau kita emang pengen sesuatu emang harus kita kejar, ibarat lo suka sama cewe itu, pasti lo bakalan ngejar dia terus deketin dia ,perhatian dia, dia bakal lo dapetin, sama kaya lo, beda lagi klau emang lo udah ngejar ngejar tapi cewenya nolak lu mentah mentah karena lo kurang ganteng , atau tajir lah, hahaha , itu si udah nasib lo,

 Ok fokus lagi ke laptop ,eh ke ceritanya maksudnya, jadi malahan ngomongin cewe.

 Sehabis itu  tibalah pendaftaran STAN, ini juga ikatan dinas, sekolah perpajakanlah,  nanti lulus dari situ lo bakalan  diangkat jadi PNS di Kementrian Keuangan, enak si tapi katanya kuliahnya berat ada sistem DO ( DROP OUT ). Menurut gue pendaftaran STAN yang paling ribet, nilai UN (Ujian nasional)  lo mesti diatas  7)  buat yang di bawah 7 jangan ngarep bisa masuk STAN , nunggu lebaran monyet juga enggak bakalan bisa , hahahah. Setalah pendaftaran lo juga harus ke kampus buat verifikasi berkasi, bawa ijazah , bawa materai, bawa bukti  pembayaran dari bank, ribet deh pokoknya. Tibalah dimana test STAN dimulai, ini testnya DI GBK ( Gelora Bung Karno) , wih pesertanya banyak banget , kaya yang mau nonton pertandingan sepak bola , tesnya relatif mudah cuman TPA sama Bahasa inggris , ya cuman itu pesertanya sampe ratus ribuan kaya SBMPTN, tahun 2014aja sampe 15 ribuan yang ikut test 1:15 ribu.Pengumuman pun tiba  gue gagal lagi coy ! , kesel si.

 Sehabis lebaran masih ada lagi tes PTN , dan gue ikut lagi, emang ya mental gue baja banget ! perjuangan gue keras banget, guepun rajin belajar lagi, ngurung aja dikamar buat belajar.

Tibalah saat test, ketika membuka soal , dan mencermati soalnya gue udah seneng banget, soalnya gampang gampang , di bawah SBMPTN lah, guepun  ngerjain banyak soal, ada yang sampe di isi semua, klau enggak salah di pelajaran biologi gue isi semua. Tespun selesai, guepun optimis banget, dirumah gue cek cek lagi kunci gue , dan gue banyak yang benar.

  Hari pengumuman pun menghampiri , gue dengan pedenya buka website , dan jreng jreng ” maaf anda gagal”  sedih banget sumpah , gue dirumah diem aja. Ibu gue nanya kenapa diem aja , gue jawab gak papa. Gue cuman kasian sama orang tua gue, gue belum bisa  bikin mereka seneng, dari awal sampe akhir  tes selalu gagal, udah berapa banyak duit yang gue keluarin  buat ikut tes,  gue disitu bener bener nangis, apalagi klau liat ibu gue, ibu gue udah  lumayan tua lah, bapak gue juga.

  Selesai sudah, hari hari gue penuh kesedihan, murung lesu. Awalnya gue gak bisa   nerima kenyataan , gue udah  Bimbel, ikut try out sana sini, belajar sampe udah larut malem , ketika pengumuman gue slalu gagal, sedih si, padahal gue ibadah kenceng, usaha juga udah kenceng , tapi gue selalu gagal.

  Guepun lalu memutuskan untuk  mendaftar kuliah di swasta , meskipun  gue masih dilema gue pengen  banget dapet kampus negeri yang ada di depok.  Gue pun lalu mendaftar lah di kampus swasta, sudah selesai semua persyaratan , malam harinya gue udah pmemutuskan, untuk nunda dulu kuliah dulu dan ikut bimbel lagi untuk ikut tes PTN tahun depan, orang tua guepun membolehkannya, gue seneng banget.

Tobe continued ....

 Masih ada part ke dua !, so stay tune on my blog !, nuhun ah !

Bagikan

Jangan lewatkan

Habis Gagal Terbitlah Sukses
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.