Tuesday, April 19, 2016

Manusia dan Tanggung Jawab

Yuhuuuu. Kembali lagi bareng si blogger unyu, ( ganti , udah ngga ganteng lagi :D)


Masih dengan topik yang serius serius namun santai, ok , kali ini mau ngomongin apa si tanggung jawab, pernah enggak sih kalian misalnya ngerusak barang temen suruh tanggung jawab,  suruh ngegantiin barangnya , tapi ada aja anak yang nggak peduli  nggak mau tanggung jawab. Ok sebenarnya  manusia yang bertanggung jawab itu manusia yang bersikap adil, tanggung jawab sendiri memiliki pengertian   kesadaran akan perilaku yang telah kita perbuat baik sengaja ataupun tidak sengaja, biasanya sih sebuah pertanggung jawaban karena perbuatan yang disengaja.

Banyak sekali manusia yang bener bener mengabaikan sebuah tanggung jawab, kepada diri sendiripun kadang suka mengabaikan sebuah tanggung jawab , misalnya  Ravi  seorang pelajar, besok ia akan menghadapi ujian. Tapi ravi  sama sekali tidak belajar. Sehingga saat ulangan berlangsung ravi  tidak dapat menjawab soal-soal yang diberikan guru nya. jadi ravi harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri karena tidak mau belajar saat ada ujian.
Ilustrasi tentang responsibility
Tanggung jawabpun  harus bener bener di miliki seorang manusia  di dalam lingkungan masyarakat , memangnya kenapa ? sebelumnya  kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya untuk pengembangan dirinya. Dengan kata lain, ia mempunyai kewajiban-kewajiban moral terhadap lingkungan sosialnya. Kewajiban sangat erat kaitannya dengan eksistensi seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Kita sadar bahwa kalau kita tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap orang lain, tidak pantas bagi kita menuntut orang lain untuk bertanggung jawab pada kita. Kalau kita tidak berlaku adil pada orang lain, jangan harap orang lain akan berbuat adil pada kita.

Kita sebagai manusia   dengan akal dan pikirannya  sudah sepatutnya  memiliki sikap tanggung jawab, bagaimana   bisa disebut manusia  apabila rasa tanggung jawab tidak kita miliki.

Seperti video di bawah ini merupakan sebuah bukti tanggung jawab yang dilakukan oleh sepasang kekasih, karena dia telah melakukan sesuatu yang  belum sepantas dilakukan oleh  kedua sejoli yang pada akhirnya siperempuan mengandung  anak dari si cowonya itu, pada awalnya si cowo tidak mau bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukannya. dan si cewenyapun bingung karena si cowo seperti lepas tangan dan tidak mengakui keberadaan anaknya yang ada dikandungan si cewe.
tapi pada akhirnya berkat sara saran dari orang akhirnya si cowopun   bertanggung jawab atas apa yang telah di perbuat.
Video Tentang Tanggung Jawab



Bagikan

Jangan lewatkan

Manusia dan Tanggung Jawab
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

Sebagai manusia aja kita punya banyak sekali tanggung jawab, apalagi jika kita menjadi seorang pemimpin.

Balas

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.