Tuesday, April 12, 2016

Manusia & Keadilaan

Kembali lagi bareng Gue si blogger Ganteng . BOOOM!

Pada  pagi hari yang cerah nan sejuk ini, kali ini saya ingin membahas tentang  apa sih keadilan  atau dalam bahasa sundanya justice, hihihi. Apakah kalian pernah mengalami sebuah keadilan atau melainkan  sebaliknya   mendapatkan perlakuan tidak adil. Jadi apasih adil itu , apa sih keadilan itu.
 menurut KBBI  sih bahwa keadilan adalah




keadilan/ke·a·dil·an/ n sifat (perbuatan, perlakuan, dan sebagainya) yang adil: dia hanya mempertahankan hak dan ~ nya; Pemerintah menciptakan ~ bagi masyarakat;~ sosial kerja sama untuk menghasilkan masyarakat yang bersatu secara organis sehingga setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan nyata untuk tumbuh dan belajar hidup pada kemampuan aslinya;

 Jadi menurut KBBI  itu adil  suatu keadaan sosial  dimana manusia  menempati kedudukan yang sama  untuk tumbuh dan belajar. Yap kalau menurut saya sih  keadilan itu   secara gampangnya kita enggak di beda bedakan satu sama lainnya  enggak ada perbedaan si kaya dan simiskin , enggak ada perbedaan si ganteng dan si cantik , enggak ada perbedaan   anak pejabat dan anak   sipil , seperti itulan gambaran keadilan menurut saya, banyak sekali proses keadilan yang bener benarmenyimpang, salah satu contohnya  orang korupsi  uang rakyat  hanya  di penjarara 5 tahun  ,  nah yang hanya cuman ngambil   kayu bakar  di  huku penjara malahan lebih lama , entah mana yang disebut adilnya , meskipun disini hukum selalu berlaku , tapi ini bener bener enggak ada sebuah keadilannya.


Contoh lainnya  dari sebuah proses  keadilan yaitu  saat recruitment pekerjaan   kan biasanya  ada titip  menitip  orang , karena udah kenal dengan orang dalam yang ada di perusahan perosesnya malahan lebih mudah dan kemungkinan lulusnya itu besar sedangkan   yang nggak ada orang dalam enggak bisa titip menitip kan untuk lulusnya itu  kecil.

Bagikan

Jangan lewatkan

Manusia & Keadilaan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.