Saturday, August 20, 2016

Lampung The Treasure Of Sumatra : Surga Tersembunyi Di Lampung


Lampung. Sebuah provinsi cantik dan unik di selatan Pulau Sumatra, berhadapan langsung dengan gunung krakatau di selat sunda yang dulu pernah menggemparkan se asia yang mana abu vulkaniknya hingga ke amerika dan gempanyapun bisa dirasakan hingga ke eropa. Lampung juga merupakan tempat persinggahan kapal kapal yang akan mendarat ke pulau sumatra yaitu di pelabuhan bakuheuni. Sebelum kita membahas yang lebih jauh ada baiknya kita berkenalan dengan salah satu daerah ini, tak kenal maka tak sayang. Lampung juga mempunyai tagline "Lampung The Treasure Of Sumatra" yang berarti Lampung adalah tempat yang menyenangkan,  terbuka untuk siapapun, Lampung di ibaratkan sebagai treasure (harta karun), yang menyimpan berbagai keindahan alam yang tersembunyi maupun keramahan masyarakatnya. Ok, setelah sekilas penjelsan ringkas tentang Lampung, sudah saatnya kita mengenal lebih dekat dengan provinsi Lampung.





 Lampung  merupakan sebuah provinsi  di Pulau Sumatra, yang berada di ujung selatan, Bandar Lampung merupakan ibukotanya. Disebelah utara provinsi lampung  berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatra Selatan, di Lampung itu memiliki 3 pelabuhan utama yaitu pelabuhan panjang, elabuhan bakeuhuni  dan pelabuhan untuk para nelayan ( salah satunya itu teluk betung ). Pelabuhan bakeuhuni pelabuhan yang biasa digunakan oleh para orang orang yang mudik saat lebaran, pelabuhan ini menghubungkan dengan pelabuhan tanjung priok.

the map of lampung | image source : pariwisatalampung.com
logo lampung|image source :wikimedia.org

Lampung memiliki luas wilayah 35.587  km2,  lumayan besar, hampir sama dengan provinsi banten, dilampung juga terdiri dari beberapa suku bangsa , agama dan bahasa. Lampung memiliki beberapa gunung dan yang paling terkenal itu adalah gunung krakatau yang berada di selat sunda.
------------------------------------
-------------------------
------------
**


Untuk menuju ke lampung banyak sekali moda transportasi yang bisa digunakan, kita bisa menggunakan bus, atau pun jika mempunyai uang yang lebih  kita bisa menggunakan pesawat terbang, itu tergantung dari kitanya masing – masing.




Masyarakat indonesia yang dikenal olah negara negara lain dengan keramah tamahannya , tercermin pada masyarakat lampung yang mempunyai sifat yang ramah pula. Masyarakat lampung mempunyai semboyan “ Sai Bumi Ruwa Jurai”, yang berarti Satu Daerah ditempati oleh dua adat/tradisi yakni Saibatin dan Pepadun. Seperti yang disebut dalam semboyan tadi, di lampung itu terdapat dua adat yaitu masyarakat lampung adat sebatin dan masyarakat lampung adat pepadun. Meskipun terdapat dua adat, mereka dapat hidup bertetangga dan saling rukun.

Masyarakat Adat Lampung Pepadun

Busana pengantin adat pepadun |image source :http://www.indonesiakaya.com/
Masyarakat pepadun ini mendiami daerah lampung dalam dan dataran tinggi, menurut sumber lain Kelompok adat ini memiliki kekhasan dalam hal tatanan masyarakat dan tradisi yang berlangsung dalam masyarakat secara turun temurun.

Masyarakat Adat Lampung Saibatin


Alam terapai, salah satu arak- arakan  saat pernikahan suku saibatin |image source :http://www.indonesiakaya.com/
Masyarakat saibatin lebih mendiami daerah daerah pesisir lampung dari timur hingga ke barat , untuk daerah pesebarannya mencakup Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Tanggamus, dan Lampung Barat.Masyarakat Saibatin juga menganut prinsip aristokrasi. Kebangsawanan didapat dari garis keturunan.



Menara Siger

Di lampung terdapat sebuah bangunan yang megah, yang merupakan landmark (ikon) dari kota lampung itu sendiri,tempat ini dikenal dengan Gerbang Selatan dan Titik Nol-nya Pulau Sumatra. Dibangun dekat dengan pelabuhan bakeuhuni, membuat  tempat ini menjadi tempat strategis untuk transit atau berwisata. Bentuk dari menara siger ini menyerupai mahkota siger yag biasa dikenakan saat upacara upacara adat. Menara siger ini memiliki tinggi 32 meter , lebar 10 meter , panjang 50 meter dan terdiri dari 5 tingkat.


Menara siger, merupakan titk nolnya pulau sumate\ra bertempat dekat dengan pelabuhan bakeuhuni|
image source :www.triptus.com



Di lampung pun sering menggelar festival tahunan, dan dalam waktu yang paling dekat, pada tanggal 27 agustus akan diadakan Lampung  Festival Krakatau 2016. Jangan sampai ketinggalan guys, dijamin meriah dan beda dari tahun tahun sebelumnya.

Festival Danau Ranau
salah satu tarian khas yang diperagakan  saat festival danau ranau | image source :  
(Yopie Pangkey )https://kelilinglampung.wordpress.com


Festival yang tidak kalah menarik dari festival festival yang ada di lampung, festival danau ranau , seperti namanya, festival ini digelar di tepi danau ranau, danau terbesar ke dua setelah danau yang terkenal dengan cerita legendanya yaitu danau toba, dengan berlatar gunung seminung, festival ini biasa digelar antara september hingga desember. Festival inipun menggelar beberapa kebudayaan seperti tarian khas dan kesenian khas dari lampung, untuk para pengunjungpun disuguhkan dengan berbagai perlombaan yang bisa diikuti.

Festival Krakatau

Pawai Budaya Krakatau festival tahun  2015|image source : yopiefranz.com

Merupakan festival tahunan yang biasa digelar bulan agustus, untuk tahun 2016 sendiri akan digelar pada tanggal 27 Agustus 2016, Lampung  Festival Krakatau  ini lebih mempromosikan ke  sektor pariwisata yang ada di lampung , baik wisata alamnya, maupun wisata budayanya. Salah satu kegiatan yang paling ditunggu tunggu dari acara ini adalah tour ke  gunung anak krakatau , kapan lagi kita bisa travelling ke  gunung anak krakatau. Pastinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Berhubungan 7 hari lagi   Akan diadakan   Lampung  Festival Krakatau 2016, bagi yang penasaran ada acara apa saja di  Lampung  Festival Krakatau 2016, berikut poster  acara  Lampung  Festival Krakatau 2016.


Berikut  kegiatan kegiatan saat  Lampung Festival Krakatau 2016  berlangsung |image source :http://pariwisatalampung.com/

---------------------------------
----------------------
-------------
**




The time for travelling, engga pas kalau membahas daerah tidak dengan wisatanya, di lampung banyak sekali tempat wisata yang belum pernah kita ketahui, maka dari itu lampung dikenal dengan Treasure of Sumatra ( harta karun dari sumatra) .




Lampung terkenal dengan keindahan wisata alamnya, kali ini saya akan membahas beberap spot wisata alam yang terkenal di lampung 

Gunung Anak Krakatau 

Berwisata ke anak gunung krakatau |image source : travelingwisata.com

Gunung krakatau, pastinya orag orang semua sudah tahu dengan nama gunung ini, gunung yang membentang di selat sunda, yang dulu pernah meletus pada tahun 1883 yang mana getarannya hingga mencapai eropa. Gunung inipun hingga sekarang masih aktif. Saat ini  gunung anak krakatau dijadikan sebagai tempat konservasi alam dan menjadi destinasi pariwisata indonesia  yang banyak dituju oleh traveller mancanegara maupun luara negeri.

Teluk Kiluan 

teluk kiluan dengan pesona lumba lumbanya, membuat orang penasaran untuk pergi ke tempat ini
|image source: kelilinglampung.wordpress.com

Teluk yang dikenal dengan tempat wisata bahari yaitu lumba lumba, teluk ini terletak di kabupaten tangamus. diteluk ini bisa kita jumpai berbagai lumba lumba, untuk  dapat melihatnyapun sebaiknya dilakukan saat pagi hari pukul 6.00, tidak jauh dari teluk ini pun kita bisa berwisata di pantai berpasir putih dan melakukan berbagai aktivitas wisata air. Kehidupan masyarakat didekat teluk kiluan pun masih sangat sederhana,  masyarakat  daerah inipun  lebih banyak orang orang pendatang baru yang dulu melakukan transmigrasi dari pulau jawa dan bali, namun meskipun  berbeda tapi tetap saling hidup rukun. Teluk kilauan pun yang terkenal habitat lumba lumbanya,  sekarang teluk kiluan  menjadi  salah satu destinasi parawisata indonesia, orang orang berbondong bondong ke teluk ini demi melihat lumba lumba.

Taman Nasional Way Kambas
Gajah- gajah berkumpul di taman way kambas, tempat  pelatihan gajah pertama di indonesia
image source :
http://tourism.jazz.or.id/
Ketika mendengar nama lampung, pasti kita bakal mengingat hewan bernama gajah, memang betul, lampung identik dengan gajah. Karena di lampung terdapat tempat konservasi gajah gajah , dan tahu tidak,  tempat ini adalah konservasi tertua di indonesia , tempat ini juga merupakan tempat sekolah gajah pertama di indonesia, keren sekali bukan, pusat konservasi gajah ini berada di taman nasional way kambas, di tempat inipun terdapat International Rhino Foundation (IRF), sebuah lembaga yang bertujuan menjaga kelestarian badak badak yang akan hampir punah.  Sehingga Taman Nasional Way Kambas pun menjadi  incaran destinasi parawisata  indonesia, banyak dari luar sumatra seperti dari jawa barat, jakarta, melakukan rekreasi keluarga  ke tempat ini.

Pulau Pahawang 

Aktivitas snorkling, di salah satu pulau terbaik untuk  melakukan snorkling |image source :http://www.travelnesia.id/

Kelaut tidak melakukan snorkling itu rasanya seperti ada yang kurang, seperti sayur tanpa garam, di pulau pahawang ini merupakan the one of best snorkling place in lampung , jadi di pulau pahawang ini salah satu tempat terbaik untuk melakukan snorkling , pemandangan bawah lautnya pun tidak kalah mengecewakan. Berbagai keindahan terumbu karang dan ikan ikan kecil bisa kita jumpai   di  bawah laut pulau ini.
------------------------------------
-------------------------
------------
**




Situs Pugung Raharjo
situs purbakala  zaman megalitikum, dimulai dari  zaman prasejarah, klasik, dan islam |image source :http://www.aliansiindonesia.com/


Situs ini ditemukan pada tahun 1957 , luasnya hampir 30 hektar , terletak di sekampung hilir, lampung timur, cocok sekali untuk orang yang haus akan sejarah, situs ini merupakan peninggalan zaman megalitikum ( zaman batu besar ) seperti Arca batu, prasasti batu berlubang, menhir, punden berundak, peninggalan di situs ini jika diteliik menurut kronologisnya  begitu lengkap , mulai dari zaman prasejarah, klasik ( hindu – budha ) , hingga islam. Temuan situs ini bermula saat para transmigran membuka lahan di hutan pugung untuk tempat tinggal , persawahan dan perkebunan.



Tradisi Ngatak Tulang

Tradisi ini berasal dari daerah lampung selatan , tradisi ini sangat kental dengan aktivitas gotong royongnya. Tradisi ini merupakan tradisi gotong royong apabila ada kerabat atau teman yang akan melangsungkan pernikahan, semua orang terlibat dalam menyiapkan keperluan upacara adat, dan sang pengantin pun turut membantu dalam mempersiapkan acaranya. 

Ngumbai lawok

tradisi ngumbai lawok saat festival krakatau tahun 2015 |image source :http://yopiefranz.com/

Tradisi adat ini biasanya dilakukan di pesisir, tradisi ini semacam ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa atas berlimpahnya hasil tangkapan laut. Tradisi ini sama seperti di daerah saya , klau di daerah saya (indramayu) , biasa disebut dengan nandran. Tradisi inipun sekaligus sebagai doa dan harapan agar hasil laut terus berlimpah dan laut tetap menjaga keramahannya.
----------------------------------
------------------------
-------------
***

Reference :

https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung
http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masyarakat-adat-lampung-pepadun
http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masyarakat-adat-lampung-saibatin
http://disparekraf.lampungprov.go.id/index.php/2016/06/23/menara-siger/
http://bisniswisata.co.id/27-29-nov-2015-festival-danau-ranau/
http://pariwisatalampung.com/berita/352-jadwal-festival-krakatau-lampung-2016.html
http://disparekraf.lampungprov.go.id/index.php/2016/08/15/gunung-anak-krakatau/
http://disparekraf.lampungprov.go.id/index.php/2016/06/23/taman-nasional-way-kambas/
http://disparekraf.lampungprov.go.id/index.php/2016/06/23/teluk-kiluan/
http://disparekraf.lampungprov.go.id/index.php/2016/06/23/situs-purbakala-pugung-raharjo/
http://www.eviindrawanto.com/2015/09/mengenal-adat-lampung-lewat-pawai-budaya-festival-krakatau-2015/



Bagikan

Jangan lewatkan

Lampung The Treasure Of Sumatra : Surga Tersembunyi Di Lampung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

wah ternyata lampung aset budaya dan alamnya keren banget

Balas

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Note: Only a member of this blog may post a comment.